Jumat, 06 Maret 2009

Sumatra

PULAU SUMATRA



NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Mesjid_Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Sumber: www.mweb.co.id/travel/daerah_istimewa_aceh/wisata/

Ibu kota Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah Banda Aceh. Propinsi ini juga disebut dengan Serambi Mekah karena letaknya dianggap sebagai pintu masuk yang terdekat dari Mekah menuju Indonesia. Penduduk asli propinsi ini adalah suku Aceh yang beragama Islam. Tidak seperti di daerah-daerah lainnya di Indonesia, minuman beralkohol dilarang di Aceh.
Tari-tarian dari Propinsi Aceh misalnya Tari Seudati, Tari Meusakat, dan Tari Ranub Lampuan. Alat-alat musik Aceh terbuat dari bambu, rotan, dan ekor kuda. Propinsi ini sangat kaya akan sumber-sumber alam seperti minyak bumi dan gas alam cair.

redline.gif (149 bytes)

SUMATRA UTARA

Rumah_Batak

Rumah Adat Batak Karo

Homan, Peter.et.al. 1990. Indonesia in Focus. Netherland: Edu'Actief Publishing Company.


Propinsi Sumatera Utara meliputi wilayah seluas 70.687 km persegi.
Ibu kota propinsi Sumatra Utara adalah Medan. Medan adalah kota yang terbesar di Pulau Sumatra. Kota ini juga merupakan kota yang ketiga terbesar di Indonesia. Kota Medan mempunyai beberapa bangunan yang dibangun dengan gaya arsitektur kolonial Belanda, di antaranya, gedung Kantor Pos Pusat dan Gereja Belanda.
Penduduk asli propinsi ini adalah orang Batak. Penduduk lainnya yang tinggal di sini adalah orang Jawa, orang Aceh, orang Arab, orang Riau kepulauan, orang Cina, orang India, dan orang Melayu.
Di Sumatra Utara terdapat sebuah danau yang bernama Danau Toba dengan Pulau Samosir di dalamnya. Danau ini merupakan danau yang terbesar di Indonesia.

redline.gif (149 bytes)


SUMATRA BARAT

Rumah_Gadang

Rumah Gadang

Turner, Peter. et.al. 1995. Indonesia: A Lonely Planet Travel Survival Kit. Hong Kong: Lonely Planet Publication

Ibu kota Propinsi Sumatra Barat adalah Padang. Penduduk asli Sumatara Barat adalah orang Minangkabau. Tidak seperti masyarakat lainnya di Indonesia yang menganut sistem patrilinial, orang Minangkabau menganut sistem matrilineal, yang berarti hak warisan jatuh ke tangan wanita.
Lelaki Minangkabau banyak yang merantau. Biasanya mereka membuka usaha warung makan yang menjual masakan Padang. Masakan Padang enak sekali tetapi sangat pedas.
Rumah asli orang Minangkabau disebut dengan "rumah gadang," yang mempunyai atap seperti tanduk kerbau.

redline.gif (149 bytes)

JAMBI

Danau_Kerinci

Danau Kerinci
Sumber: www.jipi.com/inatourism/jambi


Ibu kota Propinsi Jambi adalah Jambi. Sebagian besar daerah ini berada di aliran Sungai Batanghari. Bahasa yang digunakan di propinsi ini adalah bahasa Melayu, bahasa Jambi, dan bahasa Indonesia.
Orang Rimba adalah penduduk asli Propinsi Jambi.
Pada tahun 1998 jumlahnya kira-kira 2500 orang. Mereka pada umumnya hidup dari berburu, mengumpulkan hasil-hasil hutan, dan mempraktekkan sistem ladang berpindah.
Suku-suku lainnya adalah Suku Kubu, Melayu, Kerinci, Bajau, Batin, dan Penghulu.
Tarian tradisional dari propinsi ini adalah Tari Selampit Delapan, Rangkuang, Sekapur Sirih, dan Kisan.

redline.gif (149 bytes)

SUMATRA SELATAN

Jembatan_Ampera

Jembatan Ampera
Sumber: sonyjogja.tripod.com

Ibu kota Propinsi Sumatra Selatan adalah Palembang. Di kota ini mengalir sebuah sungai yang bernama Sungai Musi. Ada sebuah jembatan terkenal yang bernama Jembatan Ampera melintasi Sungai Musi. Pada jaman dahulu, Palembang adalah ibukota Kerajaan Sriwijaya.
Sumatra Selatan sangat terkenal dengan kain songket and kain pelanginya.

redline.gif (149 bytes)

LAMPUNG

Pasar

Pasar tradisional di Lampung

Indonesia, Lonely Planet. May 1995


Propinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatra. Ibu kotanya adalah Bandar Lampung.
Propinsi ini banyak mempunyai perkebunan kopi.
Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda masuk kawasan propinsi ini. Pelabuhan laut Bakaheuni yang terletak di propinsi ini dan pelabuhan laut Merak yang terletak di Propinsi Banten menghubungkan Sumatra dengan Jawa.

redline.gif (149 bytes)

BENGKULU

Bunga_bangkai
Bunga bangkai
Sumber http://202.159.74.163/tourism/

Propinsi Bengkulu dibentuk pada tahun 1968. Ibu kotanya adalah Bengkulu.
Bengkulu menjadi tempat pengasingan Presiden Sukarno, presiden pertama Indonesia, pada waktu jaman penjajahan Belanda. Di sana Sukarno merancang Mesjid Jamik.
Salah satu acara yang paling menarik di Bengkulu adalah Festival Tabot yang ditujukan untuk menghormati kepahlawanan Hassan dan Hussein, cucu-cucu Nabi Muhammad.
Tempat-tempat menarik yang patut dikunjungi di Bengkulu adalah Pantai Panjang dan Danau Dendam Tak Sudah.

redline.gif (149 bytes)

RIAU

Danau_Tawar

Danau Tawar
Sorey, Robert et.al. 1992. Indonesia: A Travel Survival Kit. Singapore: Lonely Planet Publication.

Ibu kota Propinsi Riau adalah Pekan Baru. Penduduk asli propinsi ini adalah orang Melayu. Propinsi ini juga melingkupi banyak pulau di Laut Cina Selatan. Salah satu pulau yang terkenal adalah Pulau Batam yang berjarak sekitar setengah jam dengan naik boat dari Singapura. Pulau Batam adalah sebuah pusat perindustrian. Pulau lainnya yang terkenal adalah Pulau Bintan.
Tempat-tempat bersejarah di Propinsi Riau adalah istana tua milik Raja Ali dan kuburan Raja Jaafar.


Tidak ada komentar: